Sabtu, 01 Juli 2017

Aktivitas Menjelang Idul Fitri dan Sesudah Idul Fitri


Hari Raya Idul Fitri dalam hitungan hari bagi umat Islam diseluruh dunia akan merayakannya tidak terkecuali di Indonesia. Ada banyak hal yang dilakukan dalam menyambut 1 Syawal yang dilakukan umat Muslim di Indonesia diantaranya berbelanja untuk menunjang gaya berpakaian di Hari Raya, ada tradisi yang selalu dilakukan oleh sebagian masyarakat Indonesia yang bekerja di Ibu Kota maupun di daerah Industri yang jauh dari kampung halaman.

Mudik lebaran adalah kegiatan yang rutin tiap tahun dilakukan oleh sebagian perantau  baik dari Jawa maupun luar Jawa, masyarakat yang lebih banyak  melakukan kegiatan berupa mudik yakni masyarakat Jawa yang merantau di Ibu Kota. Dalam melakukan kegiatan mudik orang-orang menggunakan alat transportasi berupa Bis atau kereta api yang telah disediakan oleh penyedia jasa transportasi, luar biasanya ada yang menggunakan sepeda motor untuk kembali ke kampung halaman dengan jarak yang berkilo meter jauhnya.

Keselamatan berkendara sebenarnya sudah disampaikan pihak kepolisian untuk mengantisipasi kecelakaan dengan menempatakan penjaga disetiap pos-pos polisi, dalam setiap informasinya pihak kepolisian selalu mengingatkan akan pentingnya persiapan kendaraan berupa perawatan kendaraan bermotor.

Menjalang H-3 jalur transportasi akan menjadi lebih padat dan mengakibatkan kemacetan yang panjang sehingga bagi pengendara diharuskan lebih waspada untuk menghindari kecelakaan yang terjadi biasanya diakibatkan karna pengendara terlalu memaksakan diri tanpa diselingi dengan istirahat yang cukup. Biasanya dalam setiap SPBU menjadi tempat yang baik untuk istirahat atau tempat yang telah disediakan oleh beberapa masyarakat pinggir jalan. Untuk menghindari kecelakaan ada beberapa tips yang harus dilakukan diantaranya :
  1. Disiplin dalam mengemudi dan mematuhi rambu lalu lintas.
  2. Siapkan fisik dan mental yang prima
  3. Hindari penggunaan obat perangsang , obat keras dan alcohol
  4. Periksa kesehatan sebelum anda mengemudi
  5. Istirahat setiap 4 jam
  6. Manfaatkan pos kesehatan jika membutuhkannya
  7. Siapkan obat-obatan P3K dalam kendaraan.
  8. Hati-hati mengemudi terutama pada saat cuaca buruk
Semoga dalam mudik Anda dapat terhindar dari hal yang tidak kita inginkan.
Semoga mudik tidak  mengaburkan nilai Kemenangan yang sebernarnya dari perayaan Hari Raya yakni kemenangan setelah satu bulan kita berpuasa dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita terhadap Allah SWT.

SHARE THIS

Admin :

Website resmi Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama yang dikelola oleh Pengurus NU Care - Lazisnu Desa Banglarangan Kec. Ampelgading Kab. Pemalang. Email : lazisnubanglarangan@gmail.com

0 Comments: