Menyambut Idul Fitri 1438 H/2017 M

Sabtu, 01 Juli 20170 komentar

Perayaan hari umat Islam dimana kita telah melaksanakan ibadah puasa selama sebulan. Idul Fitri di artikan kembali kepada kesucian (fitrah). Setiap insan muslim yang telah melaksanakan ibadah puasa dengan dasar iman dan penuh perhitungann, ia akan mendapat ampunan untuk dosa-dosa yang pernah dilakukan, bagai bayi yang baru lahir.
Sebelum kita melaksanakan sholat Idul Fitri pada pagi hari umat Islam diwajibkan melakukan Zakat Fitrah untuk setiap individu baik laki-laki maupun wanita muslim yang berkemampuan dengan syarat-syarat yang sudah ditetapkan. Anak kecil laki-laki maupun wanita menjadi tanggungan bagi orang tua dalam membayar zakat fitrah. Ukuran zakat fitrah yang sudah dilaksanakan atau ditetapkan oleh ulama sebesar 2,5 liter.
Pada saat menjelang Sholat Idul Fitri kita disunnahkan melakukan :
Mandi besar sebelum Idul Fitri
  1. Memakai pakaian yang baik dan sopan disertai harum-haruman
  2. Makan dan minum sekedarnya sebelum berangkat menuju Masjid atau tanah lapang, sebagai tanda bahwa hari itu sudah tidak berpuasa
  3. Menempuh perjalanan menuju tempat shalat dan kembali dari shalat melalui jalan yang berbeda
  4. Mengadakan silaturahmi (halal bi halal) satu dengan yang lainnya.
Halal bi Halal
Tradisi yang sudah lama yang dilakukan umat muslim di Indonesia. Pelaksanaanya biasanya dilaksanakan setelah shalat Idul Fitri atau dalam suasana lebaran. Inti dari Halal bi Halal adalah saling silaturahmi untuk bermaaf-maafan. Halal bi Halal menjadi bukti untuk orang yang berhasil melakukan ibadah puasa  dengan munculnya sikap atau  kepribadian yang positif, di antaranya saling memaafkan satu sama lain.
Acara Halal bi Halal yang sudah menjamur di Indonesia akan dilaksanakan dalam kegiatan organisasi keislaman seperti IPNU-IPPNU dalam kaitannya mengeratkan kembali hubungan untuk meningkatkan rasa persaudaraan dalam roda organisasi.
Hati-hati dalam berkendara dan Selamat Idul Fitri 1438 H ( Minal Aidzin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir & Bathin. Semoga pelaksanaan Idul Fitri yang selalu diikuti kegiatan mudik dan lainnya tidak bias berpusat akan pulang dan kembali lagi beraktivitas bekerja.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2017 | NU CARE - LAZISNU BANGLARANGAN | Zakat Untuk Kemandirian Umat