21 November 2023

Kisah Seru Diklatsar Banser Asal Banglarangan

SHARE

 


LAZISNUBANGLARANGAN.OR.ID – Senin (20/11/23) Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Desa Banglarangan “Tombot Ati” dalam kegiatan rutinan yang biasa diselenggarakan setiap malam selasa dalam dua minggu sekali ini sedikit berbeda dari biasanya. Hal ini disebabkan cerita pengalaman oleh salah seorang sahabat peserta DIKLATSAR Banser. 

Pada tanggal 17-19 November Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor desa Banglarangan mengirimkan enam orang anggotanya untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar Banser) yang diselenggarakan oleh Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Ampelgading melalui Satuan Koordinasi Rayon Banser Kecamatan Ampelgading di desa Karangtalok.

Baca Juga : Penetapan Hari Jadi Kabupaten Pemalang

Sahabat Riyan Rusmono bercerita mulai dari penunjukan beliau sebagai ketua regu atau ketua kelas, momen-momen diklatsar menjadi kenangan yang tak terlupakan. Dimana pada siang hari menerima materi dan malam terakhir prosesi pembaitan diklatsar. Pak Rus biasa sapaan beliau bercerita bahwa saat malam terakhir peserta disuruh istiharat, ternyata selang waktu lima menit dibangunkan untuk berkumpul dilapangan. Karna tidak ada persiapan dari peserta khusunya pak Rus tidak kesampaian menggunakan sepatu sehingga disuruh push up. 

Peserta Diklatsar harus berjalan satu persatu menyusuri arah yang sudah ditentukan oleh panitia guna pengambilan baret.  Melewati pematang sawah yang dan memasuki area pemakaman desa setempat pak rus diminta untuk mencari tali dimana kondisi gelap gulita sehingga tidak jarang sebelum ketemu tali tangan menyentuh tengok/papan nisan makam. Banyak hal yang terjadi selama proses diklatsar, kejadian lucu yang menghibur yang tidak akan terlupakan. Selain pak Rus peserta dari Banglarangan diantaranya, sahabat Rokhani, M. Aris Suwandi, Wahadi, Tarjono, Karyoto.

 

Sumber : Pengalaman peserta Diklatsar Bpk Riyan Rusmono

SHARE

Admin :

Website Resmi Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama yang dikelola oleh Pengurus NU Care - Lazisnu Desa Banglarangan Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang. Email : lazisnubanglarangan@gmail.com

0 Comments: