Sabtu, 15 Desember 2018

Keutamaan Sedekah


Sedekah adalah pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta. Namun sedekap mencakup segala amal atau perbuatan baik. “Memberikan senyuman kepada saudaramu adalah sedekah” kalimat ini seperti digambarkan dalam sebuah hadis. Dan keuatmaan sedekah seperti dibawah ini :

1.    Orang-orang yang bersedekah akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT
Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak”. (QS. Al-Hadid: 18)

Baca Juga : Kotak Infaq Shadaqah dari Lazisnu Banglarangan

2.    Sedekah dapat menghapuskan dosa-dosa
“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagimana air itu memadamkan api”. (HR. At-Tirmidzi)

3.    Sedekah dapat memisahkan diri dari neraka
Nabi bersabda : “Jauhkan dirumu dari api nerakan walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma”. (Muttafaqun ‘alaih)

4.    Orang yang bersedekah akan mendapat naungan pada hari akhir
“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, maka ia menyembunyikan amalnya itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya”. (HR. Bukhari)

5.    Sedekah dapat memadamkan panasnya alam kubur
Nabi SAW bersabda : “Sesungguhnya sedekah itu benar-benar akan dapat memadamkan panasnya alam kubur bagi penghuninya, dan orang mukmin akan bernaung dibawah bayang-bayang sedekahnya”. (HR. At-Thabrani)

6.    Sedekah merupakan salah satu amal yang tidak putus sampai mati
Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwa Nabi SAW bersabda : “Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya, kecuali tiga perkara yaitu : Shodaqoh jariyah, anak yang sholeh yang memohonkan ampunan untuknya (Ibu dan bapaknya) dan ilmu yang berguna setelahnya”.

Sumber : Brosur Lazisnu Banglarangan

SHARE THIS

Admin :

Website resmi Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama yang dikelola oleh Pengurus NU Care - Lazisnu Desa Banglarangan Kec. Ampelgading Kab. Pemalang. Email : lazisnubanglarangan@gmail.com

1 komentar: